Kamis, 08 Desember 2011

ARTI KEHIDUPAN

Suatu hari saya bertanya kepada ayah saya sesungguhnya arti dari kehidupan itu sendiri apa..??? Namun jawaban yang saya dapatkan tidak sesuai dengan akal dan fikiran saya,,,,terlalu banyak perbedaan tetang menanggapi arti sebuah kehidupan.
Salah satunya adalah tentang sebuah arti kehidupan menurut Quran. Bahwa hidup adalah sebuah tempat “kepura-puraan” atau “sandiwara”, “saling menyombongkan diri” dan “penipuan”. Eits, tunggu dulu. Ini penjabarannya:
  1. Kepura-puraan maksudnya adalah bahwa hidup ini sebenarnya adalah kosong, tidak ada artinya bagi kita semua. Kita mencari harta dan menumpuknya sebanyak-banyaknya adalah sejatinya kosong. Kita mencari gelar dan jabatan setinggi-tingginya adalah sebenarnya kosong. Kita bernapas pun sebenarnya adalah kosong. Jadi, sebetulnya semuanya adalah kosong, kecuali Yang Maha Agung yang mempunyai kuasa bagi seluruh alam, tak terkecuali manusia.
  2. Saling menyombongkan diri maksudnya kita hidup hanya dikejar oleh rasa ingin membanggakan diri sendiri. Punya sesuatu yang sedikit pun apabila dirasakan baik baginya cenderung ingin ditunjukkan kepada orang lain. Rasa kebanggaan terhadap diri sendiri (dan juga bisa membanggakan orang lain atau harta benda yang dimiliki) itu tidak dapat dipungkiri melekat pada diri semua manusia tanpa terkecuali.
  3. Penipuan. Yang dimaksud penipuan di sini adalah, bahwa nikmat yang dirasakan di dunia adalah sebenarnya bukan nikmat yang langgeng, hanya nikmat semu dan sesaat. Namun itu dirasakan nikmat dan cenderung dengan senang hati dilakukan oleh manusia. Sedangkan nikmat yang sebenarnya adalah nikmat akhirat, yang di dunia adalah dirasakan bukan sebagai nikmat oleh manusia melainkan sebagai sebuah beban atau tuntutan. Sehingga, manusia cenderung untuk meninggalkannya.
Kehidupan di dunia ini hanyalah dapat dirasakan bukan sebagai ketiga hal di atas oleh orang yang benar-benar tidak memikirkan ketiga hal yang di atas, melainkan menyandarkan kesemuanya kepada Yang Esa. Sedangkan untuk bisa melakukan itu, manusia harusnya mempunyai dua kunci hidup, yakni SABAR dan SYUKUR (Sesuai dengan konsepku pribadi, namun sekarang aku tambahi satu lagi jadi EESttzz: SADAR, SABAR, dan SYUKUR).

Yaaacchh setiap orang mempunyai perbedaan pendapat mengenai arti sebuah kehidupan.....!!! Tinggal kitanya saja bagaimana menanggapai dan menjalani kehidupan ini......

10 komentar:

  1. saya sudah follow blog ini.
    saya tunggu follow baliknya ya. :)

    BalasHapus
  2. hidup mesti disyukuri, setiap waktu dan setiap detik yg diberika mesti kita syukuri,,,

    always love u

    BalasHapus
  3. kadang2 perlu juga kepura2an untuk mendapat kehidupan layak, selama itu bisa diterima hukum dan agama. jamaah ohhh jamaaahhhhhhh.....

    BalasHapus
  4. Kehidupann......
    satu kata berjuta Makna,
    tergantung dari persepsi dan Prasangka seseorang,
    apa ia mau Positif Thingking atau Negatif,
    dan Tuhan mengikuti prasangka Hambanya,
    Jika ia berprasangka Baik, maka oitulah yang Ia dapatkan....
    kehidupan, oh kehidupan.....
    banyak pelajaran yang di dapatkan dalam kehidupan ini,
    begitu pula dalam Blog ini,
    thanks Miss...

    BalasHapus
  5. Hidup adalah tantangan.Masa depan ada di tangan kita.Oh ya mbak saya sudah follow di tunngu follow baliknya yah.Kunjungan perdana dan salam kenal ya.

    BalasHapus
  6. live is adventure,, kita harus menghadapinya, apapun yg akan terjadi, karena itu sudah menjadi ketentuan yg diatas,, hehhe

    BalasHapus
  7. beberapa arti dalam kehidupan tersaring dipostingan ini :) thanks banget ya

    BalasHapus
  8. Selalu berkunjung sobat :)
    Main k blog Ane ya gan

    Klik 4information y gan :)

    Komentar di tunggu sobat
    Jangan lupa follow jga :) ( follow back )

    Salam blogger

    BalasHapus
  9. Full Comment...

    Sukses selalu neng dengan kehidupan yang sudah dijalani saat ini...

    BalasHapus
  10. tetap semangat deh pokoknya :D

    BalasHapus