Jumat, 21 Desember 2012

Pengertian Disk Cleanup

Disk Cleanup
(cleanmgr.exe) adalah utilitas perawatan komputer dimasukkan dalam Microsoft Windows yang dirancang untuk membebaskan ruang disk di komputer ‘hard drive. Utilitas pencarian pertama dan menganalisa hard drive untuk file yang tidak lagi digunakan, dan kemudian menghapus file yang tidak perlu. Berikut beberapa file yang bisa dihapus lewat disk cleanup:
  1. Kompresi file lama
  2. Temporary Internet files
  3. Temporary Windows file
  4. Program-download file
  5. Recycle Bin
  6. Penghapusan aplikasi yang tidak terpakai atau komponen opsional Windows
  7. Setup File log
  8. Online file
Daftar di atas masih belum lengkap. Sebagai contoh, ‘Temporary Remote Desktop files’ dan ‘Temporary File Sync’ mungkin muncul hanya di bawah konfigurasi komputer tertentu, perbedaan-perbedaan seperti Windows Operating System dan penggunaan program-program tambahan seperti Remote Desktop. Pilihan untuk penghapusan data hibernasi mungkin tidak ideal untuk beberapa pengguna karena hal ini dapat menghilangkan opsi hibernate.

Selain menghapus file yang tidak diperlukan, pengguna juga memiliki pilihan untuk mengompresi file-file yang belum diakses selama jangka waktu tertentu. Opsi ini menyediakan skema kompresi yang sistematis. Jarang diakses file terkompresi untuk membebaskan ruang disk sementara meninggalkan file terkompresi yang sering digunakan untuk lebih cepat di akses.

Sumber : http://yoga-doang.blogspot.com

4 komentar: