Peran Pemasaran dalam Organisasi
Peran pemasaran dalam organisasi menurut Webster Jr. peran pemasaran dalam organisasi ada 2 tipe yaitu:
1.jenjang organisasional
2.jenjang manajerial
a.korporate (Corporate Marketing)
b.unit bisnis strategi (Strategic Marketing)
c.operasional (Marketing Management)
Peran pemasaran dalam organisasi menurut Webster Jr. peran pemasaran dalam organisasi ada 2 tipe yaitu:
1.jenjang organisasional
2.jenjang manajerial
1.Jenjang Organisasional
Jenjang organisaional berkaitan dengan peran pemasaran sebagai kultur, strategi dan taktik jenjang organisasional terbagi atas 3 peran penting yaitua.korporate (Corporate Marketing)
b.unit bisnis strategi (Strategic Marketing)
c.operasional (Marketing Management)
- Korporate (corporate Marketing)
Peran pemasaran di jenjang korporate ini mencakup :
1.mengoperasioanalisasikan filosofi konsep dasar pemasaran dengamn cara mengkampanyekan (mempromosikan) orientasi pemasaran kepada pelanggan yakni senantiasa mengutamakan kebutuhan, keinginan, dan kepuasan pelanggan
2.memperkirakan daya tarik pasar dengan cara mengananlisis kebutuhan dan karakteristik pelanggan
3.mengembangkan nilai keseluruhan perusahaan atau good will
ketiga peran utama tersebut bertujuan membangun kultur perusahaan artinya lebih mengutamakan nilai dan keyakinan dasar berkaitan dengan kepentingan pokok pelanggan
- Unit bisnis marketing (strategic marketing)
peran pemasaran di jenjang strategic marketing ini mencakup
1.menentukan bagaimana berkompetisi dengan para pesaing bisnis tertentu
2.memutuskan dengan siapa, kapan dan bagaimana cara menggalang kemitraan
- Operasional ( Marketing Management)
Peran pemasaran dijenjang operasional ini mencakup :
1. Merumuskan dan mengimplementasikan program-program pemasaran yang didasarkan pada bauran pemasaran (marketing mix yaitu :
a. produk (product)
b. penetapan harga (price)
c. distribusi (place)
d. pomosi (promotion)
2. mengelola hubungan yang harmonis dengan pelanggan dan penyalur pada jenjang ini pemasaran diutamakan sebagai TAKTIK
2. Jenjang Manajerial
Sedangkan jenjang manajerial berkaitan dengan peranan manajemen pemasaran didalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen yang didukung oleh keterampilan manajemen tertentu yang diperlukan untuk menunjang kelancaran proses manajemen
a.manajemen puncak
b.manajemen menengah
c.manajemen bawah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar