Senin, 29 Oktober 2012

Sistem Operasi Smartphone

Sistem Operasi Smartphone
Sistem operasi yang dapat ditemukan di telepon pintar adalah Symbian OS, iPhone OS, RIM BlackBerry, Windows Mobile, Linux, Palm WebOS dan Android. Android dan WebOS dibuat oleh Linux, dan iPhone OS dibuat oleh BSD dan sistem operasi NeXTSTEP berhubungan dengan Unix.

Perkembangan handphone saat ini sudah sampai pada tahap pengelompokkan sistem operasi. Berbagai sistem operasi ponsel seperti Symbian,Windows Mobile,BlackBerry,dan terakhir adalah Android.Di sisi lain aplikasi-aplikasi berbasis java masih menduduki tempat teratas jajaran aplikasi ponsel. Berikut ini adalah beberapa sistem operasi yang banyak dipakai di smartphone.

1. OS Symbian
Symbian OS adalah Sistem Operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk digunakan di peralatan bergerak (mobile).
Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Symbian dilengkapi dengan framework antarmuka dan pustaka, serta implementasi berbagai tool standar. Symbian Ltd. Banyak dipakai oleh Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Sony Ericsson (13,1%), Panasonic (10,5%), Siemens AG (8,4%), dan Samsung (4,5%). Symbian memberikan kebebasan bagi para vendor untuk mengembangkan berbagai platform software yang berjalan di atas sistem operasi Symbian. Platform software yang banyak digunakan adalah S60, Nokia Series 80, Nokia Series 90, UIQ, dan MOAP.

2. OS Blackberry
Sistem Operasi Blackberry dikembangkan oleh perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM).  Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan perangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email. Sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI. Baru-baru saja, RIM mengumumkan platform piranti lunak terbaru, yakni BBX untuk smartphone dan komputer tablet BlackBerry mereka. Sebelumnya, sistem operasi QNX pertama kali diluncurkan untuk BlackBerry tahun lalu. Platform itu direncanakan bekerja pada komputer tablet dan smartphone dan dianggap sebagai perangkat tambahan layaknya dashboard mobil dan smart TV.

3. OS Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

4. OS iOS
iOS adalah sistem operasi yang terdapat pada produk-produk yang diciptakan perusahaan terkenal Apple. iOS awalnya hanya dikembangkan untuk Iphone. Namun sekarang sudah diperluas untuk perangkat Apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan apple TV.

5. OS Windows Mobile
Windows Mobile adalah sebuah sistem operasi ponsel yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat mobile, namun dikeluarkan untuk pasar tertentu. Windows Mobile nantinya digantikan oleh Windows Phone 7. Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar. Microsoft meluncurkan konsep yang benar-benar baru yaitu Windows Phone 7 dalam Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Ponsel yang menggunakan Windows Mobile versi 6.x tidak bisa dinaiktingkatkan ke versi 7.

6. SO Palm
Palm  adalah sistem operasi komputer yang menjadi platform dari PDA PalmPilot yang merupakan produksi Palm Computing yang sekarang merupakan bagian dari 3Com. Palm OS di desain untuk tepat pada device ukuran telapak tangan dari ukuran tertentu dengan ukuran layar tertentu pula. 3Com mengatakan bahwa PalmPilot lebih sukses dikarenakan pendekatan yang dilakukan terfokus, memang Microsoft Windows CE dan Symbian’s EPOC adalah sistem operasi untuk devais jenis genggam pula tetapi didesain untuk area devais yang lebih luas. Palm OS menggunakan multitasking, tetapi hanya satu task untuk setiap aplikasi. Pengguna menggunakan satu aplikasi pada waktu tertentu, satu program apikasi harus selesai sebelum yang berikutnya dapat dipilih. Pembatasan ini membuat sistem operasi mendedikasikan penuh perahatian pada aplikasi yang terbuka.

7. SO Maemo

Maemo  adalah sebuah sistem operasi terbaru dari sebuah vendor besar Nokia yang digunakan oleh device terbatas Internet Tablet yaitu seri N770, N800, N810 dan N900. Sistem operasi ini lebih mengkhusus diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan aktifitas internetan dan browsing ketimbang voice atau komunikasi. Tak heran dalam setiap rilis devicenya, Nokia selalu mengutamakan resolusi layar yang besar dan lebar lengkap dengan layar sentuh plus keypad QWERTY dalam bentuk slide. Merujuk pada keberhasilan yang diraih oleh pihak Google yang telah lebih dulu membesut Android sebagai sistem operasi Open Source ternyata membuat pihak lain tak mau ketinggalan. Terbukti dari kegigihan yang dijalani oleh pihak Intel dan Noki yang baru saja meluncurkan sistem operasi mobile hibrid terbaru yang juga open source bernama MeeGo.

8. SO Linux.
Linux adalah salah satu sistem operasi yang kerap digunakan oleh vendor Motorola. Baik dalam seri ROKR maupun seri PDA layar sentuh mereka. Namun keterbatasan dukungan fungsi aplikasi tambahan dan user interface yang kurang familiar menyebabkan sistem operasi ini timbul tenggelam dalam dunia ponsel. OS Linux telah memasuki dunia OS sejak lama tapi digunakan untuk Smartphone hanya sejak tahun 2003, hingga kini Smartphone yang menggunakan OS Linux dan menjadi terkenal hanya dengan brand Motorola saja.

1 komentar:

  1. wow perkembangan teknologi, memang gak pernah bisa di bayangkan siapapun, setip detik, jam, atau hari ada saja tekhologi baru yang lahir,luar biasa.. asal sedikit bijak aja kali yap dlm penggunaannya, tku sharingnya sobat, salam kenal

    BalasHapus