Selasa, 23 Oktober 2012

Proses Keputusan Pembelian Produk Baru

Proses Keputusan Pembelian Produk Baru
Produk Baru
Barang, Jasa atau Ide yang dianggap oleh sebagian calon konsumen sebagai hal yang baru.

Proses Adopsi
Proses mental yang dijalani oleh individu melewati dari pertama mempelajari inovasi tertentu hingga ke adaopsi akhir.

Tahap-tahap Proses Adopsi
  1. Kesadaran (awareness), konsumen tahu akan produk baru tetapi kekurangan informasi tentangnya.
  2. Ketertarikan (interest), konsumen mencari informasi tentang produk baru tersebut.
  3. Pengevaluasian (evaluation), konsumen mempertimbang kan apakah mencoba produk baru adalah masuk akal.
  4. Percobaan (trial), konsumen mencoba produk dalam skala yang kecil untuk meningkakan perkiraan besarnya nilai produk tersebut.
  5. Pengadopsian ( adoption), konsumen menentukan apakah akan menjadi pemakai tetap atau tidak dari produk baru tersebut.

Pengaruh Karakteristik Produk terhadap Tingkat Pengadopsian.

  1. Keunggulan relatif Tingkat yang menunjukan keunggulan inovasi terhadap produk yang telah ada.
  2. Kompatibilitas. Tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai dan pengalaman calon konsumen.
  3. Kompleksitas.Tingkat kesulitan inovasi untuk dimengerti atau digunakan.
  4. Divisibilitas. Tingkat inovasi dapat dicoba sedikit demi sedikit.
  5. Komunikabilitas. Tingkat kemampuan hasil penggunaan inovasi dapat diobservasi atau dijelaskan kepada orang lain.

1 komentar:

  1. menarik sekali pembahasan tentang produk baru ini ya. jika sifatnya inovasi akan jauh lebih cepat diserap pasar dibanding yang 100% baru ya...

    BalasHapus